Begini Cara Menonaktifkan Facebook dan Mengaktifkannya Kembali


April 24, 2019

Sebelum hadirnya Twitter, Path, ataupun Instagram, Facebook sangat populer. Bahkan, hingga kemunculan banyaknya media sosial lain kini, Facebook masih menjadi jejaring sosial yang populer. Sebagian besar orang pasti memiliki akun Facebooknya sendiri. Sebab, memang tak dapat dipungkiri, Facebook membantu Anda untuk tetap bisa terhubung dengan teman jauh. Namun, pada saat yang sama, jika terlalu sering digunakan Facebook akan membuat seseorang kecanduan dan tidak bisa lepas.

Ada begitu banyak cara untuk mengkontrol kecanduan kita terhadap Facebook. Salah satunya adalah dengan cara menonaktifkan Facebook sementara. Perlu diperhatikan, menonaktifkan dengan menghapus akun adalah dua hal yang berbeda. Menonaktifkan berarti hanya bersifat sementara. Sedangkan, menghapus akun berarti Anda tidak bisa mengakses lagi akun Facebook Anda sama sekali. Jika ingin berjejaring lagi, Anda perlu membuat akun baru.

Bagaimana Cara Menonaktifkan Facebook?

Dengan menonaktifkan akun sementara, Anda dapat mengaktifkannya kembali kapan saja Anda menginginkannya. Berikut cara menonaktifkan Facebook yang mudah.

  1. Login akun Facebook terlebih dahulu, bisa lewat PC agar lebih mudah
  2. Klik ikon segitiga terbalik pada bagian menu atas sederet dengan tulisan ‘Beranda’
  3. Pilih ‘Settings’
  4. Di bagian menu sebelah kiri klik ‘Umum’
  5. Klik ‘Kelola Akun’, lalu klik Nonaktifkan akun Anda’ dan akan muncul beberapa isian
  6. Ikuti petunjuk untuk melakukan konfirmasi selanjutnya

Menonaktifkan Facebook juga bisa dilakukan lewat aplikasi Facebook di Android. Beberapa langkahnya kurang-lebih serupa dengan cara menonaktifkan Facebook lewat PC. Anda tinggal mengikuti langkah yang mudah tersebut dan menyesuaikannya dengan tampilan aplikasi.

Ketika akun Facebook Anda dinonaktifkan, lantas apa yang akan terjadi pada akun Anda? Pertama, tidak ada seorang pun yang bisa melihat profil Facebook Anda. Kedua, sebagian informasi, seperti pesan yang Anda kirim ke teman, mungkin masih bisa dilihat. Ketiga, teman Anda masih mungkin melihat akun Facebook Anda di dalam daftar teman mereka. Namun, nama Anda tidak bisa dicari, hanya dapat dilihat oleh teman Facebook Anda dan hanya dari daftar teman Anda. Keempat, Admin grup masih dapat melihat postingan dan komentar, serta nama Anda.

Baca Juga :  Free Online Video Editor Terbaik

Perlu Anda ketahui, menonaktifkan Facebook bukan berarti Anda tidak bisa menerima Messenger dari teman Anda. Jadi, jika Anda memilih opsi untuk tetap mengaktifkan Messenger atau sedang login ke Messenger saat menonaktifkan akun Facebook Anda, Messenger tetap akan bisa aktif. Ada cara lain untuk menonaktifkan Messenger.

Suatu hari pasti ada saatnya di mana Anda ingin kembali berjejaring di Facebook, maka Anda harus mengaktifkan kembali akun Anda. Jika Anda ingin kembali mengaktifkan akun Anda, Anda hanya perlu login ke Facebook kembali dan mengikuti langkahnya kurang lebih seperti cara tadi. Namun, ingat Anda harus memiliki akses ke email atau nomor ponsel yang digunakan. Hal ini guna menyelesaikan dan melancarkan proses aktivasi ulang akun Facebook Anda.

Anda juga bisa menghapus permanen akun Facebook Anda. Biasanya ini dilakukan oleh orang-orang yang memang sudah tidak akan membuka akun Facebooknya lagi. Ada juga yang menghapusnya karena berita viralnya kebocoean data Facebook beberapa waktu lalu. Alasannya, mereka takut data privasi yang disebarkan atau dicantumkan di Facebook ikut terbongkar.