Kompor Induksi Dapat Menjadi Solusi Masalah Dapur Anda


December 26, 2018

Pada era modern saat ini, banyak sekali teknologi baru yang muncul yang bermanfaat bagi kehidupan. Teknologi tersebut muncul dan masuk pada berbagai bidang. Saat ini, banyak sekali teknologi yang dibuat agar ramah lingkungan serta dapat mengatasi masalah yang timbul akibat adanya eksploitasi sumber daya alam. Kekayaan sumber daya alam secara tidak langsung dapat habis tanpa disadari. Hal tersebut membuat sadar sebagian orang untuk berinovasi untuk membuat sebuah teknologi yang dapat mengurangi bahkan menggantikan produk hasil sumber daya alam seperti minyak atau gas bumi. Salah satu teknologi tersebut ialah kompor induksi.

Kompor induksi merupakan kompor yang menggunakan listrik untuk membuat panas pada kompor tersebut. Kompor induksi dapat membuat medan elektromagnetik yang berasal pada komponen dalam kompor induksi. Reaksi tersebut dapat membuat panas. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis alat masak dapat digunakan untuk memasak pada kompor tersebut. Kompor induksi perlu anda pilih sebagai kompor di rumah anda. Mengapa demikian ?

1. Hemat Energi

Bahan bakar seperti minyak dan gas merupakan sumber daya alam yang dapat habis jika digunakan secara terus menerus. Kompor induksi memanfaatkan listrik untuk menghasilkan panas tidak seperti kompor tradisional yang memanfaatkan minyak dan gas bumi. Selain itu, beberapa kompor induksi mampu untuk menghasilkan panas dalam waktu yang cukup singkat. Sehingga masak pun tidak perlu membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Efisien

Kompor induksi memiliki kemampuan untuk membuat panas dari reaksi medan elektromagnetik. Hal tersebut menandakan bahwa kompor induksi tidak menggunakan api untuk menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan oleh kompor induksi tidak akan membuat kompor itu panas karena kompor hanya menghasilkan medan elektromagnetik. Rasa panas akan timbul jika ada alat masak untuk kompor induksi menempel pada tungku kompor induksi. Panas yang dihasilkan membutuhkan waktu yang tidak lama sehingga dapat menghemat waktu dan memasak lebih efisien.

Baca Juga :  Kompor Listrik Maspion

3. Memiliki Tingkat Keamanan yang baik

Kompor induksi tidak menghasilkan panas dari api melainkan dari reaksi medan elektromagnetik dengan alat masak. Hal ini dapat memperkecil resiko kecelakaan akibat terbakar, karena kompor induksi sendiri tidak menggunakan api untuk menghasilkan panas. Selain itu, kompor induksi lebih aman dibandingkan dengan kompor gas yang dapat terjadi kebocoran di suatu tertentu dan dapat berbahaya sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

4. Harga Pemakaian Yang Murah

Harga listrik tidak semahal harga gas yang digunakan untuk bahan bakar memasak pada kompor gas. Dengan menggunakan kompor induksi, anda telah membantu untuk mengurangi penggunaan gas bumi yang semakin hari semakin berkurang jumlahnya. Suhu yang dihasilkan kompor induksi lebih presisi sehingga dapat membuat masak menjadi lebih cepat dibanding kompor tradisional.

Jika Anda tertarik untuk membeli kompor induksi, maka anda perlu simak beberapa faktor yang dapat memberikan referensi seputar kompor induksi agar tidak salah pilih ketika anda berencana membeli. Berikut faktor-faktor yang dapat menjadi pertimbangan saat membeli kompor induksi.

A. Jumlah Tungku, berguna agar bisa memasak banyak dalam waktu bersamaan.

B. Ukuran Kompor, pastikan kompor cukup pada dapur anda.

C. Ukuran Zona Masak, agar alat masak dapat digunakan sesuai tempatnya.

D. Child Lock System, agar anak-anak dapat terjaga dari kompor induksi.

E. Timer, Berguna ketika memasak untuk pengingat.

kompor induksi